Manfaat Kolaborasi Dalam Membangun Merek – Kolaborasi dapat menjadi peluang besar untuk mengembangkan ekosistem industri di tengah persaingan bisnis yang ketat saat ini. Apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kolaborasi. Belakangan ini banyak brand besar yang memanfaatkan popularitasnya untuk berkolaborasi dengan brand lain demi keuntungan bersama.
Kolaborasi antar merek dapat diartikan sebagai suatu strategi yang melibatkan dua atau lebih merek untuk berbagi kepemilikan dan tanggung jawab atas bisnis dan pembagian keuntungan. Secara umum kolaborasi antar brand hadir dalam berbagai bentuk seperti kampanye dan aktivasi, giveaway, sentuhan dan lain-lain.
Dalam perkembangannya, kerjasama antar brand kini semakin besar. Fungsi kolaboratif sengaja ditingkatkan untuk memperoleh manfaat yang besar bagi setiap brand, berikut beberapa fungsi kolaboratif;
Ketika dua atau lebih merek berkolaborasi satu sama lain, tujuannya adalah untuk menciptakan layanan atau produk yang unik dan inovatif bagi pelanggannya. Secara umum pertumbuhan perusahaan dipengaruhi oleh konvergensi dan kolaborasi berbagai pihak yang dapat mendorong pertumbuhan sesuai kebutuhan pasar. Hal ini akan menciptakan keunggulan kompetitif dan berpotensi meningkatkan pangsa pasar setiap merek.
Kita harus tahu bahwa dengan kerjasama kita akan mendapat banyak inspirasi dan pembelajaran. Dengan bekerja secara kolaboratif, Anda akan berbagi dengan orang atau rekan kerja yang memiliki pengalaman bisnis berbeda. Oleh karena itu, keduanya dapat mengeksplorasi kreativitas untuk menciptakan terobosan baru pada produk atau layanan yang dibutuhkan pelanggan.
Tentunya setiap merek mempunyai pelanggan setianya masing-masing. Mereka memiliki pengembang dengan fitur berbeda pada merek mereka. Jika kerja sama ini dilakukan maka brand Anda akan semakin kredibel dari dampak paparan tersebut. Jadi ini akan bermanfaat bagi Anda karena dapat memperluas jangkauan dan menarik calon pelanggan baru. Setiap merek dapat membangun pelanggan setia sehingga basis pelanggan semakin luas seiring berjalannya waktu.
Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dapat memanfaatkan koneksi untuk membantu menghasilkan ide, menemukan solusi, dan mencapai tujuan bisnis bersama. Kegiatan kolaborasi antar merek tidak hanya menarik perhatian industri, kompetitor, dan pasar. Namun juga pelanggan yang sudah mengetahui atau belum mengetahui merek tersebut. Secara tidak langsung hal ini dapat membantu meningkatkan brand awareness terhadap produk yang dipasarkan.
Saat ini sudah banyak brand-brand besar yang memperkuat bisnisnya melalui kerjasama, mulai dari bidang pangan, obat-obatan, alat bantu rumah tangga, barang elektronik dan lain-lain. Berikut beberapa contoh umum kolaborasi merek raksasa;
Melihat minat orang-orang di seluruh dunia terhadap K-Pop, menciptakan merek-merek hebat, terutama merek teknologi, menciptakan peluang untuk mendapatkan visibilitas yang lebih besar. Merek perangkat elektronik seperti Samsung pun tak mau kalah dalam urusan ini. Kolaborasi Samsung dan BTS menghasilkan produk luar biasa berupa smartphone stylish dengan spesifikasi tinggi. Samsung Galaxy S20 BTS menjadi salah satu hasil kolaborasi yang luar biasa dan bisa diindikasikan sebagai kolaborasi yang sukses menjangkau pasar yang besar.
Siapa yang tidak kenal dengan merek Nike? Tentu saja, hampir semua hal dicirikan oleh hal ini. Nike dan Apple baru-baru ini meramalkan kolaborasi merek yang akan menjadi merek bersama yang sangat sukses. Upaya kolaborasi Nike dengan perusahaan teknologi Apple sebenarnya bisa digunakan untuk menyebut merek lain. Kolaborasi ini mempromosikan produk pengukuran olahraga dan kebugaran berbasis aplikasi. Hasil kerjasama ini sangat populer dan menjadi produk umum Nike & Apple hingga saat ini.
Pernahkah Anda memikirkan perusahaan makanan yang berkolaborasi dengan merek streetwear? Jadi, ide ini diwujudkan oleh perusahaan kue terlaris di dunia, Oreo, dan merek pakaian, Supreme. Format kampanye kolaboratif ini adalah dengan menciptakan produk super limited edition dan tentunya harga yang cukup mahal untuk sebuah kue. Kerja kolaboratif ini berhasil menciptakan produk dan membentuk inovasi baru di pasar global.
Itu adalah contoh merek-merek hebat yang bersatu. Namun untuk melaksanakannya dengan baik, perlu dipikirkan kerangka kerja, waktu, dan perhitungan yang tepat, sehingga dapat menghasilkan manfaat yang lancar, akurat, dan bertahan lama. Jika Anda belum terpikir untuk berkolaborasi dengan merek lain, cobalah sekarang. Ada banyak peluang dan Anda tidak pernah tahu ke mana peluang itu akan mengarahkan bisnis Anda. Memperhatikan! Kamu bisa menggoyang bisnismu lewat proyek Co-Branding lho! Ayo tunggu apa lagi? Baca dan praktikkan dengan benar dalam bisnis Anda.
Suka makanan viral di media sosial? Ini adalah contoh kolaborasi Co-brand yang benar-benar unik, istimewa dan eksklusif.
Jika penerapan Anda benar, percayalah Co-Noting akan memberi Anda banyak manfaat. Inilah saatnya mencuri perhatian penonton agar semua mata tertuju pada Anda
Co-Branding tidak hanya berkaitan dengan penciptaan produk atau jasa baru, namun juga dapat dilakukan dalam bentuk lain, seperti penggabungan logo, atau kampanye iklan bersama. Pada dasarnya Co-Branding memiliki hubungan yang saling menguntungkan untuk memaksimalkan bisnis. Umumnya,
Kerja sama akan menjadi lebih penting di mata audiens jika mereka melakukan pekerjaan merek yang besar. Tapi tidak mungkin bekerja sama dengan kenalan yang dikenal
Untuk mendapatkan pasar bersama kami. Jadi bisa dibilang co-branding adalah strategi pemasaran yang efektif dan patut untuk dicoba.
Co-Branding merupakan salah satu strategi yang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis. Apa manfaatnya? Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:
Melalui strategi Co-Branding, Anda didorong untuk memilih partner brand yang memiliki target pasar berbeda dengan Anda. Untuk itu produk co-branded yang dapat dipromosikan di berbagai media dapat lebih menarik perhatian pembaca dan tentunya memperluas jangkauan pasar.
Proses Co-Branding tidak hanya mempromosikan produk hasil kolaborasi, namun juga memperkenalkan brand mitra kepada khalayak. Karena Anda memiliki merek yang populer, sebagian besar merek memiliki pelanggan setia yang melakukan hal yang sama
Sebelum mereka bekerja sama untuk memutuskan. Sebuah brand yang kredibel akan dinilai positif jika menjalin kerja sama dengan partner yang tepat dan memiliki reputasi yang baik.
Merek yang populer merupakan dambaan di kalangan pebisnis. Seperti yang Anda lihat, saya ingin berkolaborasi dengan pemilik jaringan tersebut. Sebab jika berhasil maka akan terlihat peningkatan
Di mata khalayak sehingga mendorong minat untuk melakukan pembelian. Namun keputusan akuisisi tersebut diambil karena berbagai alasan, mulai dari ketinggian
Jika Anda sudah memutuskan untuk berbisnis, berarti Anda juga sudah mempersiapkan biaya produksi dan promosi. Jika membela diri tentu biayanya tidak sedikit. Namun jika Anda melakukan Co-Branding, maka biayanya akan ditanggung bersama oleh mitra Anda, dan biaya lainnya akan ditanggung bersama. Akankah bersama lebih mudah daripada sendirian? Anda bisa menghemat biaya, namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal.
Pelajari lebih lanjut tentang konsep Co-Branding. Brandztory telah mengumpulkan beberapa contoh yang bisa Anda jadikan referensi, mulai dari UMKM hingga .
Kerja sama ini merupakan salah satu contoh Co-Branding dalam skala internasional. KitKat, produk coklat terkenal asal Jepang, telah bekerjasama dengan rumah Etude yaitu
Dan coklat KitKat. Sayangnya produk khusus ini hanya dijual di Korea dan Amerika. Anda para wanita… apakah Anda ingin memilikinya?
”, kemasan botol kaca ramah lingkungan dari Co-branding Starbucks dengan Aqua. “Kolaborasi ini dilandasi oleh kesamaan nilai di antara keduanya, yaitu memberikan dampak positif terhadap lingkungan melalui gerakan Starbucks.”
Mengusung tema “Rekah” yang terinspirasi dari keindahan flora Indonesia, Rafflesia Padma, Anggrek Bulan, Bunga Kenanga dan Cempaka ditampilkan sebagai simbol dari dua provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia. Tak ketinggalan juga terdapat motif batik seperti motif Rambutan, Cecek dan Gringsing. Elemen air dan kopi menghidupkan desain lokal ini. Air dan Starbucks digambarkan sebagai penghasil kualitas melalui citra bunga muse yang memberikan manfaat bagi kehidupan.
“. Tentu sangat disayangkan jika berkendara tanpa musik. Kini, Uber hadir memberikan layanan streaming musik gratis dari Spotify di mana Anda bisa mendengarkan musik yang ingin Anda dengarkan secara gratis. Kombinasi yang sempurna dan lezat. Faktanya, kolaborasi ini memberikan contoh ideal untuk presentasi & fitur pelengkap keduanya. Bagaimana menurutmu?
Varian rasa Jaji Jiwa x Oatside (Kiri-Kanan) Earl Grey Oat Latte, Aren Oat Latte, dan Matcha Oat Latte
Lebih sehat Kolaborasi ini menghadirkan 3 item menu baru dengan rasa oat, yaitu Palm Oat Latte, Matcha Oat Latte, dan Earl Grey Oat Latte. Susu oat sendiri kaya akan nutrisi
Yang menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menyehatkan dan ramah lingkungan, Oatside juga memberikan cita rasa yang pas jika dipadukan dengan menu Soul Promise. Hal ini semakin menegaskan bahwa Oatside adalah Jiwa yang Dijanjikan
Kopi favorit Anda, Kopi Soe menarik perhatian Jiniso, merek jeans lokal Indonesia, untuk menjadi co-brand. Gender dipertimbangkan
Yang merupakan milik Kopi Soc. Jiniso x Kopi Soe akan merilis Seri Jinisoe yang terdiri dari 3 varian rasa
3 Varian Jiniso Series (Kiri-Kanan) Choco Crunch Caramel, Croffle in Cup : Crunchy Malt Caramel, Butterscotch Ice Cream Latte
Tentang tujuan dan metode promosi yang Anda lakukan bersama. Rencana bisnis ini dapat memberi Anda beberapa keuntungan jika implementasi Anda tepat sasaran. Brandztory hadir sebagai
Jadi, jangan ragu lagi untuk melakukan Co-Branding. Tetap fokus pada tujuan promosi merek Anda. Izinkan Brandztory membantu mengelola proses Co-Branding Anda. Yuk konsultasi sekarang lewat email [email protected] atau chat lewat nomor whatsapp: +628118811598 Kolaborasi menjadi kunci sukses bisnis saat ini. Kolaborasi disini tidak hanya berarti kerja sama dalam tim di dalam perusahaan, namun juga kerjasama dengan pihak luar perusahaan.
Dengan berkolaborasi dengan mitra, pemasok, dan bahkan pesaing, bisnis dapat memanfaatkan sumber daya dan keahlian untuk berinovasi, meningkatkan efisiensi, dan membuka peluang pertumbuhan baru.
Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi 8 strategi bisnis cerdas yang telah terbukti efektif dalam menyiapkan bisnis menuju kesuksesan.
Blog terkait: Kolaborasi dengan apa?