Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan?

Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan? – Demam rebranding melanda banyak startup di pelat kuning. Sebagai langkah baru, rebranding ibarat mengganti cangkang. Tadinya ia hanya seekor ulat, lalu ia mempersiapkan diri sebaik mungkin, berubah menjadi kepompong, lalu berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.

Kini, rebranding sepertinya menjadi cara baru untuk memberikan penyegaran yang tidak biasa dalam perusahaan. Cara ini dipilih karena paling mudah dan paling mungkin mengubah stigma dan reputasi buruk perusahaan terdahulu.

Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan?

Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan?

Rebranding yang dilakukan perseroan sangat beragam, mulai dari perubahan logo, slogan, hingga direksi yang dinilai bekerja terlalu lamban. Pekerjaan ini menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan melakukan perubahan besar.

Membangun Ulang Produk Dengan Teknik Rebranding

Perasaan yang tertanam pada produk dan jasa yang ditawarkan memungkinkan perusahaan untuk dekat dengan pelanggan. Salah satunya adalah pelanggan harus mengenali merek, logo, konsep dan konsep. Kekuatannya sangat mempengaruhi kesuksesan merek. Jangan heran jika memilih merek yang bagus akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan atau bisnis di masa depan. Serta menciptakan identitas yang dapat menarik konsumen, investor dan kompetitor dalam menciptakan periklanan bisnis baru.

Cara ini dinilai mampu mengubah total atau meremajakan merek yang sudah ada. Salah satunya mencari keuntungan di masa depan setelah proses rebranding. Umumnya, rebranding yang matang akan menghasilkan pendapatan tambahan dan dianggap sebagai proses rebranding.

Alasan yang mendasarinya beragam, mulai dari peluncuran produk baru, perubahan nama, dan visi perusahaan. Melakukan peremajaan merek pada proses akuisisi yang berdampak pada perubahan di dalam perusahaan.

Berbagai cara dilakukan, termasuk cara yang sangat radikal dalam melakukan perubahan logo, merek, nama, strategi pemasaran bahkan slogan. Bahkan seringkali pengguna menolaknya karena terlalu radikal.

Live Webinar With Hing

Ada sejumlah alasan bagus untuk melakukan rebranding suatu perusahaan. Mungkin ada faktor eksternal dan internal yang Anda hadapi. Ada siklus dan kondisi yang dievaluasi ketika penggunaan kembali memungkinkan. Berikut sejumlah alasan mengapa perusahaan sering melakukan rebranding, simak selengkapnya:

Tampilannya yang berbeda dibandingkan perubahan logo kompetitor nampaknya memberikan warna baru yang membuatnya semakin kuat dan bertenaga. Ada banyak perusahaan dan agensi yang mengalami lonjakan momentum setelah melakukan rebranding untuk membedakan dirinya secara signifikan dari pesaingnya. Ini adalah sesuatu yang unik dan dianggap sebagai rebranding yang sempurna.

Saya ambil contoh salah satu klub sepak bola besar di Italia. Juventus telah mengubah logonya menjadi lebih modern. Logonya dulu sangat mirip dengan klub Italia lainnya, yakni berbentuk bulat atau oval.

Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan?

Perubahan ini memungkinkan mereka menonjol dari persaingan dan tampil minimalis dan bermakna. Secara tidak langsung hal ini akan menciptakan banyak daya tarik dan pemasukan bagi klub sepak bola tersebut. Hasilnya, Juventus kini menjadi salah satu klub sepak bola terbaik dalam hal neraca bisnis dan keuangan di Italia.

Pdf) (+isbn) K 178

Pasarnya sudah tua Memasuki era digital, banyak perusahaan yang mencoba mendesain ulang produknya agar terlihat modern. Sesekali ada tren logo dan istilah ini sering disebut dengan rebranding perusahaan. Saat ini, brand minimalis menjadi pilihan terbaik yang dicari setiap bisnis. Target pasarnya tidak berubah, namun perubahan branding dan logo belakangan ini sepertinya mulai mengubah citra.

Selain itu, masing-masing perusahaan ini menarik pelanggan dari berbagai usia dan latar belakang. Proses rebranding yang tepat akan sangat membantu menjaga perusahaan tetap mengikuti perkembangan zaman. Contohnya adalah perubahan yang berhasil diterapkan oleh perusahaan yang sudah sangat tua yaitu Coca Cola.

Ini pertama kali didirikan oleh John Pemberton sebagai seorang ahli kimia. Ia mematenkan Coke sebagai obat sakit kepala dan akhirnya menjadi perusahaan soda terbesar di dunia.

Berdiri sejak tahun 1886 hingga saat ini, John’s berpindah tangan setelah diakuisisi oleh pengusaha Asa Griggs Candler dengan taktik pemasaran yang baik. Hingga akhirnya menjadi minuman terlaris sepanjang masa.

4 Tips Marketing Sukses Untuk Pemula

Setiap dekade, Coca Cola rutin berganti merek, 11 logo didaftarkan. Termasuk saat memperkenalkan produk baru. Hasilnya cukup bagus dan disukai pelanggan tetap.

Saat meluncurkan produk baru, perusahaan akan melakukan rebranding ketika produk baru tersebut sudah tersedia. Selain untuk mempromosikan produk yang ditawarkan, peluncuran produk akan meningkatkan nilai penjualan perusahaan karena jumlah divisi yang bertambah dibandingkan sebelumnya.

Pastikan logo yang akan Anda desain dan perkenalkan mudah dikenali dan memiliki karakter khas. Pasalnya logo yang kuat akan meningkatkan popularitas perusahaan hingga 80%.

Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan?

Hilangkan citra negatif jika sebelumnya perusahaan mempunyai citra buruk dan mengecewakan pelanggan. Rebranding merupakan salah satu cara dewan dapat memperbaiki keadaan, tidak hanya dengan mengubah logo, namun dengan cara yang luas dan bervariasi. Sehingga pelanggan bisa yakin bahwa citra buruk yang melekat pada dirinya akan hilang.

Kapan Harus Rebranding?

Salah satunya British Petroleum yang berganti nama karena citra buruk terhadap lingkungan. Tumpahan minyak di Teluk Meksiko dan insiden lainnya mencoreng citra perusahaan minyak tersebut di London. Peningkatan citra tersebut berkaitan dengan peningkatan sistem manajemen dan keselamatan transportasi minyak di seluruh dunia. Mereka sekarang menggunakan logo baru yang mengkilap.

Setelah proses rebranding selesai, saatnya meningkatkan kualitas dan konsistensi. Ada banyak pelanggan yang mengharapkan pengalaman yang konsisten dari suatu produk. Ini akan menjadi jaminan kenyamanan di kemudian hari.

Misi perusahaan telah berubah, perusahaan yang semula didirikan memiliki tujuan tersendiri. Mereka memiliki target pasar yang awalnya sangat kecil dan spesifik. Namun waktu bertambah dan perubahan terjadi pada pengguna. Pelayanan yang diberikan jauh lebih luas dan berkembang pesat.

Proses rebranding dipilih agar mampu mewakili berbagai produk yang mereka miliki saat ini. Salah satu hal yang paling menarik saat ini adalah perubahan radikal di Startup Gojek. Awalnya hanya layanan ojek online dengan pelanggan di seluruh Djibouti. Sekarang hampir tersedia dan mencakup hampir 204 dan 5 negara. Pengguna yang mengunduh aplikasi mencapai 155 pengguna dengan pertumbuhan transaksi hingga 1.100 persen.

Rebranding Produk: Arti, Tujuan, Dan 7 Strategi Rebranding

Gojek kini telah menjadi aplikasi super yang menyediakan lebih dari sekadar antar-jemput mobil. Sekarang ada 22 posisi. 2 juta mitra pengemudi, 400 ribu mitra penjualan, dan 60 ribu penyedia layanan di Asia Tenggara.

Mengenakan logo Solv dari kata solve mempunyai arti menyelesaikan suatu masalah. Dan juga untuk melihat peluang permasalahan untuk menjadi bisnis yang menjanjikan. Dari layanan kendaraan sederhana, telah berkembang menjadi super app dengan banyak mitra.

Keadaan darurat merupakan kondisi sulit yang dapat menimpa sebuah bisnis. Salah satunya adalah kebangkrutan utang, suatu usaha yang mati dan gulung tikar karena izinnya telah mati, sehingga rebranding nama, logo, atau kepemilikan dapat membantu melunasi utang tersebut. Serta menyelamatkan harta benda perusahaan yang sebelumnya disita kolektor.

Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan?

Dalam prosesnya sendiri, melakukan rebranding tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ini bukan hanya tentang mengubah logo dan nama untuk mencari desainer yang lebih baik. Kemudian lepaskan dan lihat hasilnya. Namun, Anda perlu mengetahui arti dan tujuannya bagi pelanggan, investor, dan pesaing.

Contoh Resume Desainer Senior (panduan Gratis)

Jika tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sembarangan maka akan berakibat buruk. Semuanya harus dipersiapkan dengan sangat matang dan profesional. Salah satunya adalah konsumen yang terlalu nyaman dengan logo atau nama sebelumnya. Jika itu adalah promosi kecil dan tidak ada pemungutan suara yang dilakukan atas kebijaksanaan pengguna. Jelas, akan ada penolakan, karena citra produk baru mewakili hal yang tidak diketahui.

Kasus ini terjadi ketika Instagram mengganti logo lamanya. Warna sebelumnya sangat kalem dan dianggap sangat klasik, sehingga pengguna bisa mengambil keputusan sendiri. Kemudian logonya berubah sangat drastis, terutama warnanya. Alhasil, banyak penolakan dari pengguna yang tidak mau memperbarui layar.

Meski Instagram kini menjadi aplikasi foto terbesar di dunia, namun awal rebrandingnya cukup sulit dan menimbulkan keraguan di kalangan pengguna. Namun karena promosi dan penjelasan produk yang detail, logo baru diadopsi dan share Instagram diperbarui.

Nah…ada beberapa cara agar proses rebranding lancar dan bermanfaat bagi perusahaan atau bisnis Anda. Berikut ikhtisarnya:

Contoh Gimmick Marketing Dan Pentingnya Dalam Pemasaran

Melakukan evaluasi dan penelitian mendalam sebelum memutuskan sesuatu hendaknya diawali dengan penilaian terhadap kesehatan perusahaan. Biayanya jelas sangat tinggi karena mencakup evaluasi bisnis dan penelitian. Dalam hal ini, prosesnya masuk dalam dana penelitian dan pengembangan perusahaan.

Tim divisi yang dibentuk nantinya akan melakukan proses evaluasi terhadap logo atau nama yang digunakan saat ini. Haruskah hal ini tetap dipertahankan atau haruskah dilakukan perubahan kecil atau radikal? Jika Anda memutuskan untuk mengganti merek, maka meneliti logo dan nama baru sudah diputuskan.

Waktunya jelas sangat lama karena harus disesuaikan dengan nilai-nilai perusahaan dan target pelanggannya. Ruang lingkup proses penelitian akan mencakup keinginan dan kebutuhan pelanggan, pandangan pelanggan terhadap bisnis, persepsi merek dan pandangan internal karyawan terhadap bisnis di mata pesaing. Ternyata banyak juga!!!

Strategi Rebranding Yang Sukses: Apa Yang Harus Diperhatikan?

Saat mengadakan rapat pemegang saham, banyak pihak yang terlibat dalam politik besar di masa depan, terutama dalam menentukan arah perkembangan perusahaan. Banyak pertanyaan yang mengemuka dalam rapat dewan, seperti tren pasar mengenai merek terbaru dan identitas merek yang mewakili identitas perusahaan.

Pengertian Rebranding, Fungsi, Dan Strategi Melakukannya

Jangan lupa untuk melibatkan karyawan untuk mendapatkan jawaban dan masukan yang mereka berikan. Disusul dengan bagian khusus yang membahas model bisnis, desain, dan teknik pemasaran tambahan. Termasuk opini pelanggan yang berperan besar dalam tindakan perusahaan melalui survei atau jajak pendapat opini masyarakat tentang merek yang direalisasikan.

Setelah selesai, akan banyak urusan teknis lainnya seperti waktu pelaksanaan, pendanaan, hasil penelitian, evaluasi, hingga hasil akhir yang dicapai. Setelah semuanya disetujui, proses penggunaan kembali hanya tinggal menunggu waktu.

Membuat daftar rencana implementasi setelah Anda memasuki tahap ini berarti sudah ada proses untuk menyiapkan rencana untuk mencapai tujuan. Logo atau nama produk dimasukkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like